Panduan Langkah Demi Langkah SEO untuk Pengembang Web

source : Istock/Peskova

Mr.Algorithm - Search engine optimization (SEO) sering dianggap sebagai seni tersendiri atau bagian dari strategi pemasaran yang lebih luas. Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya— apa hubungannya pengembang web dengan kata kunci, tautan balik, dan semua elemen SEO?

Karena mesin pencari dan algoritme peringkat mereka menjadi lebih pintar dan lebih kompleks, mereka membutuhkan keunggulan teknis, dan di sinilah pengembang web masuk ... dan selamatkan hari itu.

Itulah mengapa kami telah menyusun panduan singkat tentang SEO untuk pengembang web, yang mencakup semua aspek SEO yang perlu Anda sempurnakan untuk membantu tim pemasaran dan SEO meningkatkan kinerja situs dan mendapatkan posisi teratas dalam hasil mesin pencari (SERP).

Sebelum mulai membaca panduan ini, kami mengundang Anda untuk mengaktifkan uji coba gratis Semrush khusus untuk mulai mempraktikkan pengetahuan!

SEO Untuk Developer; Dasar-dasar Yang Harus Anda Ketahui

Sebagai pengembang web, Anda tidak perlu belajar tentang seluk beluk optimasi mesin pencari. Anda dapat dengan bebas melewati beberapa bagian dan hanya fokus pada hal yang paling Anda butuhkan — SEO teknis.

Tetapi berguna untuk setidaknya memahami dasar-dasar SEO dan elemen-elemen kuncinya.

Ide di balik SEO sederhana — mesin pencari memiliki algoritme peringkat tertentu yang mempertimbangkan kriteria tertentu saat menentukan posisi SERP mana yang harus diambil halaman Anda.

Ini penting karena pengguna cenderung tidak pernah melewati halaman pertama (atau, biasanya 10 hasil pencarian pertama yang menyertakan iklan), artinya Anda hanya akan mendapatkan lalu lintas yang Anda butuhkan jika halaman Anda memiliki peringkat teratas.

Jadi tujuan optimasi situs adalah untuk menyesuaikan dengan algoritma ini yang mempertimbangkan:

  • SEO teknis—atau, cara bot merayapi dan mengindeks situs Anda, serta fitur intinya. Ini termasuk kecepatan muat halaman, keramahan seluler, struktur situs, dan sebagainya.
  • SEO on-page—atau, bagaimana konten halaman Anda selaras dengan kata kunci target. Plus, pengalaman pengguna (UX) juga merupakan bagian besar dari persamaan di sini.
  • SEO off-page — atau, pada dasarnya, berapa banyak situs yang tertaut kembali ke situs Anda, menunjukkan bahwa situs Anda memiliki otoritas dan keandalan untuk mendapatkan peringkat tinggi di seluruh hasil mesin pencari.
Keterampilan pengembangan web Anda diperlukan untuk memakukan sisi teknis SEO dari persamaan, serta UX. Ini berarti bahwa kekuatan pengembang web ajaib Anda dapat memengaruhi dua dari tiga elemen kesuksesan SEO. Baca terus untuk mengetahui apa sebenarnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja situs.

7 Hal yang Dapat Dilakukan Pengembang Web untuk Meningkatkan Kinerja Situs

1. Membuat arsitektur situs yang jelas

Setiap situs web hebat dimulai dengan arsitektur situs yang dipikirkan dengan matang.

Ini membantu perayap web mengindeks situs Anda dan melihat halaman yang perlu diberi peringkat. Selain itu, ini membantu pengguna dengan mudah menelusuri situs dan membuka halaman yang Anda ingin mereka kunjungi. Jadi baik dari perspektif peringkat dan UX, struktur situs web yang bersih adalah cara yang harus dilakukan.

Seperti inilah seharusnya arsitektur situs Anda tidak terlihat:


image source: Backlinko


Dan beginilah seharusnya:

image source: Backlinko

Ini berarti Anda harus memastikan halaman web Anda ditautkan dengan baik dan tidak ada halaman yang tersisa sendirian tanpa tautan internal yang mengarah ke sana.

Kiat pro #1: Tambahkan peta situs yang akan memandu bot melalui situs dan pastikan setiap halaman yang ingin Anda indeks dirayapi dan dilihat. Jika Anda ingin menyembunyikan beberapa halaman, pastikan untuk menentukan ini di robotst Anda.txt.

Kiat pro #2: Periksa kembali apakah beberapa halaman kehilangan tautan internal. Ada beberapa auditor situs web yang membantu mendeteksi masalah SEO teknis (dan bukan hanya teknis) dan masalah tautan internal. Anda dapat menggunakan alat Audit Situs Semrush karena ini adalah salah satu pemeriksa kesehatan situs paling komprehensif dan kuat di pasaran (Anda dapat mencobanya dengan uji coba gratis 14 hari yang diperpanjang ini).

2. Bangun (dan Pelihara) Kode Bersih

Setiap kali Anda memilih cara untuk membangun situs, halaman web, atau hanya menambahkan sesuatu ke dalamnya — gunakan pendekatan yang lebih sederhana yang tidak akan membebani kode secara ekstra.

Jaga hal-hal sederhana dan pikirkan UX di atas segalanya — karena algoritme mesin pencari terhubung untuk memberikan preferensi mereka ke situs yang lebih ramah pengguna dan lebih ringan.

3. Pastikan kecepatan muat halaman secepat kilat
Tidak ada gambar atau video berat yang layak untuk kecepatan muat halaman ekstra detik. Waktu muat adalah faktor peringkat yang penting. Satu detik penundaan dapat membuat Anda kehilangan posisi SERP Anda dan, karenanya, pengunjung.

Ini semakin penting di era pengalaman mobile-first di mana kecepatan, kenyamanan, dan UX memainkan peran utama dalam kinerja situs.

Menurut penelitian:

  • Halaman yang dimuat dalam 2 detik memiliki rasio pentalan rata-rata 6%.
  • Jika Anda memiliki waktu buka dua kali lipat, rasio pentalan melonjak hingga 24%, yang berarti bahwa seperempat dari pengunjung yang Anda menangkan dengan susah payah meninggalkan halaman sebelum dimuat.
  • Jika halaman Anda membutuhkan waktu lebih dari 6 detik untuk dimuat—Anda kehilangan hampir setengah dari lalu lintas Anda.
Jadi ini bukan hanya tentang algoritme peringkat, ini tentang kehilangan pengunjung yang telah didapatkan dengan susah payah oleh tim pemasaran dan SEO Anda. Plus, ini mengirimkan sinyal pengalaman pengguna negatif ke mesin pencari, menunjuk ke kecocokan yang berpotensi tidak relevan bagi pengguna.

Kiat pro: Pastikan untuk menjalankan tes kecepatan situs web melalui alat seperti Pingdom atau alat Audit Situs Semrush. Ini tidak hanya akan mencerminkan waktu buka halaman Anda tetapi juga memberikan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kecepatan Anda (misalnya mengecilkan JavaScripts dan CSS, mengaktifkan caching browser, dan sebagainya).

Image source: Semrush’s Site Audit tool (site performance report)


4. Pastikan situs Anda ramah seluler seperti yang didapat

Pada tahun 2021, 66% dari semua lalu lintas adalah seluler, dan jumlah itu kemungkinan akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Selesaikan ini dengan perpindahan Google ke pengindeksan yang mengutamakan seluler—artinya bot mesin telusur sekarang merayapi versi seluler situs Anda—dan Anda akan melihat bahwa tugas Anda adalah memberikan pengalaman seluler yang sempurna bahkan sebelum Anda memikirkan desktop.

Kiat pro: Jika sebelumnya beberapa situs masih bisa mengabaikan kedatangan mobile-first, hari ini, ini bukan lagi pilihan. Pastikan untuk menjalankan situs Anda melalui pengujian ramah seluler Google dan gunakan pemeriksaan unik Audit Situs yang membantu mengoptimalkan situs Anda untuk Data Web Inti, fitur praktis yang harus Anda pertimbangkan jika Anda ingin siap untuk Pembaruan Pengalaman Halaman terbaru Google.

Image source: Google’s Mobile-Friendly test

5. Tingkatkan Pengalihan Anda

Semakin besar situsnya, semakin banyak masalah yang mungkin Anda hadapi. Lagi pula, sebagai pengembang web, Anda memiliki permintaan konstan untuk memperbarui konten, memindahkan halaman web, dan menambahkan fitur dan elemen baru.

Tugas Anda adalah membuat transisi ini lancar dan meminimalkan dampak SEO. Tetapi hal-hal bisa tersesat di jalan—misalnya Anda mungkin lupa tentang pengalihan sementara Anda atau memiliki halaman rusak yang tidak Anda sadari.

Dan masalah ini memengaruhi cara pengguna dan mesin telusur melihat dan memberi peringkat situs Anda.

Penggunaan pengalihan yang benar dapat meniadakan potensi masalah yang muncul dari semua pengembangan situs, jadi pastikan untuk menggunakan yang tepat saat Anda melakukannya. Pengalihan yang paling umum dan lebih disukai adalah:

  • Pengalihan 301: Ini adalah bagaimana Anda memberi tahu mesin pencari bahwa Anda telah memindahkan halaman Anda ke tempat lain, secara permanen. Ini adalah strategi SEO yang baik untuk digunakan karena Anda juga akan memindahkan sebagian besar jus tautan (alias otoritas halaman) ke halaman web baru.


  • Pengalihan 302: Ini menyiratkan pengalihan sementara yang berarti bahwa langkah Anda tidak permanen. Anda biasanya harus menggunakan yang satu ini ketika Anda memperbarui atau menyusun ulang sesuatu di situs web sambil menjaga ekuitas tautan tetap utuh

Kiat pro #1: Pastikan untuk memperbarui tautan internal Anda dan menambahkan URL baru jika Anda telah melakukan pemindahan halaman permanen.

Kiat pro #2: Hindari dua masalah pengalihan yang paling umum—loop dan rantai pengalihan. Ini buruk untuk UX dan SEO karena pengunjung Anda mungkin akhirnya tidak pernah mencapai halaman yang ingin mereka kunjungi. Seringkali sulit untuk menemukan ini sehingga Anda dapat menggunakan auditor situs Anda dan dengan mudah mendeteksi masalah apa pun di perbatasan ini.



6. Membantu mesin pencari membaca dan memahami konten halaman

Tidak seperti pengguna, mesin pencari menggunakan HTML dan metadata untuk menganalisis tentang apa halaman itu dan untuk menentukan apakah itu cocok untuk permintaan pencarian seseorang.

Sebagai pengembang web, Anda dapat memastikan bahwa Google memahami bahwa halaman Anda paling cocok.

Bagaimana? Melalui tag judul, heading tag, dan metadata.

Kiat pro:

Pastikan judul Anda dilengkapi dengan tag judul, dan gunakan subjudul.

Setiap halaman harus memiliki judul meta dan deskripsi meta yang tepat—ini membantu menunjukkan kepada mesin telusur bahwa halaman Anda relevan dengan kueri, juga membantu meningkatkan RKT Anda, karena Google sering menampilkan metadata Anda dalam hasil penelusuran.


Tambahkan teks alt gambar ke semua visual dalam halaman Anda (ini juga dapat membantu visual Anda muncul dalam pencarian gambar).

Image source: Semrush’s Site Audit tool


7. Picu Hasil Kaya dengan Menambahkan Data Terstruktur yang Relevan
SERP diisi dengan hasil kaya, atau format khusus untuk tampilan info tambahan—ulasan, resep, dll. Manfaat utama mereka adalah mereka meningkatkan klik Anda sehingga mereka dapat memberi situs Anda keunggulan kompetitif tambahan

Cuplikan kaya muncul berkat data terstruktur (markup skema)—dan sebagai pengembang, Anda memegang kunci untuk menambahkan data terstruktur yang relevan, dan, dengan demikian, memicu cuplikan kaya untuk halaman Anda.

Tips pro: Gunakan Schema.org atau Pemandu Markup Data Terstruktur Google untuk menulis kode dan menambahkannya ke HTML halaman Anda. Kemudian, Anda dapat menggunakan alat Audit Situs untuk memantau data terstruktur Anda dan memperbaikinya jika perlu.

Image source: Semrush’s Site Audit tool (Markup report)


SEO untuk Pengembang: Tangkap Bonus Spesial

Sebagian besar pekerjaan SEO untuk pengembang web berkaitan dengan mendeteksi semua hal yang berpotensi menghambat kinerja situs dalam hal SEO teknis dan UX, dan memperbaikinya. (Baca juga: 10 Hal yang Harus Diketahui Setiap Web Developer Modern.

Sekarang, jika Anda memiliki situs kecil, Anda bisa lolos dengan pemeriksaan manual. Tetapi ketika situs web Anda tumbuh lebih dari beberapa lusin halaman, Anda akan memerlukan uluran tangan dari auditor situs yang akan mengurus bagian inspeksi keras untuk Anda. Jadi pastikan untuk memanfaatkan uji coba Semrush gratis kami yang membuka akses ke alat Audit Situsnya yang, seperti yang Anda tahu, dapat membantu di setiap langkah.



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama