![]() |
sumber:voiid |
Tiktok telah
berkembang jauh dari asalnya sebagai aplikasi rells video yang lucu dengan
pengikut Gen Z yang kultus. Platfom berbagi video pendek sekarang memiliki
sekitar tiga perempat dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia.
![]() |
Sumber gambar |
Dan jika Anda sama
sekali tidak asing dengan aplikasi ini, Anda mungkin pernah mendengar banyak
tentang For You Page (FYP). Dianggap sebagai "hal mutlak" kesuksesan
di aplikasi, ditampilkan di FYP dapat menghadirkan banyak manfaat bagi konten dan
bisnis Anda.
Dalam postingan ini,
kita akan membahas apa itu FYP TikTok, bagaimana itu menguntungkan bisnis Anda,
dan delapan cara untuk mendapatkannya sehingga dapat meningkatkan keterlibatan
dan eksposur merek Anda.
Apa itu FYP di TikTok
FYP atau For You Page
adalah tab yang berisi kumpulan video pendek berdurasi 15 detik hingga tiga
menit, yang muncul di timeline TikTok Bisa dibilang FYP adalah home page
atau laman beranda dari media sosial ini.
Kumpulan video pendek
itu berasal dari pengguna lain (random), teman Anda (followers), dan orang yang
anda ikuti (following).
sama sepeti kolom
explore di instagram, konten video TikTok yang muncul di FYP juga disesuaikan
dengan preferensi personal masing-masing pengguna."Tujuan kami (TikTok)
adalah menyajikan rekomendasi video yang relevan bagi pengguna serta membantu
menemukan konten dan kreator yang dapat menginspirasi mereka," tulis
TikTok dalam penjelasan cara kerja FYP di situsnya.
Apa Hebatnya FYP?
Tidak cukup hanya
memposting konten hebat di TikTok dan berharap pengguna akan mulai mengikuti
Anda. Anda harus berada di depan audiens yang besar dan di atas pikiran prospek
Anda Anda - dan mendarat di FYP dapat membawa Anda ke sana.
Mendapat FYP dapat
membantu Anda:
- Dapatkan lebih banyak pengikut: FYP adalah hal pertama yang dilihat pengguna saat
mereka membuka aplikasi, sehingga memberikan eksposur yang sangat besar.
Dan ini sangat menguntungkan jika Anda ingin memasarkan ke audiens Gen Z
dan Milenial, karena hampir 70% basis penggunanya berusia di bawah 30
tahun.
- Hasilkan uang: Dengan
lebih banyak pengunjung TikTok dan lebih banyak penjualan. Dan begitu Anda
mencapai tonggak sejarah 10.000 pengikut, Anda juga dapat mulai
menghasilkan uang dari video Anda dengan TikTok Creator Fund.
- Menangkan Sponsor: Setelah algoritma mulai mendorong konten Anda ke
audiens yang lebih luas, Anda akan mulai diakui sebagai otoritas di pasar
konten anda. Ini dapat mebuat sponsor membayar atas iklan di konten Anda.
- Bangun interaksi Anda: Setelah Anda mencapai status FYP, Anda dapat mulai
menggunakan TikTok untuk mengalihkan lalu lintas ke platfom Anda yang lain
dan membangun interaksi online anda secara keseluruhan
8 cara untuk masuk ke FYP TikTok
Algoritma yang digunakan TikTok untuk memilih konten untuk FYP-nya tetap diselimuti misteri. Namun, ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan peluang memenangkan peran utama di panggung FYP.
Berikut adalah delapan cara untuk meningkatkan peluang Anda tampil di Halaman TikTok untuk Anda.
1. Konsisten posting di waktu yang tepat
Masuk akal bahwa semakin banyak Anda memposting, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan konten di FYP; Anda harus berada di dalamnya untuk memenangkannya.
Bertujuan untuk tiga kali seminggu, membangun posting harian. Tapi jangan tergoda untuk memposting konten hanya demi itu. Pastikan kualitasnya bagus dan menarik.Anda juga perlu memposting pada waktu yang tepat.
Karena keterlibatan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan FYP, Anda harus memposting saat audiens Anda online dan siap berinteraksi.
Jadi bagaimana Anda tahu kapan waktu terbaik?
- Beralih ke akun TikTok Pro. Seperi menggunakan template
untuk catatan rapat, akun Pro membuat hidup Anda jauh lebih mudah.
Dengannya, Anda dapat melihat hari dan waktu pengikut Anda paling aktif
dan terlibat.
- Lihat lokasi geografis penonton Anda untuk memastikan
zona waktu Anda selaras.
2. Gunakan tagar atau
hashtag yang sedang tren
Cara lain yang bisa
dilakukan agar video bisa muncul pada halaman For You adalah dengan menggunakan
berbagai hashtag yang saat ini trending. Selain itu, pastikan kamu juga
menggunakan berbagai hashtag yang saat ini sedang trending. Selain itu,
pastikan kamu juga menggunakan beberapa hashtag yang pastinya juga relevan
dengan video milik kamu.
Penggunaan Hashtag juga
akan membantu pengguna TikTok yang lain untuk memudahkan pencarian. Bahkan ada
beberapa orang yang menggunakan hashtag #foryou, #FYP ataupun #foryoupage
Menggunakan tagar yang
sedang tren membuat konten Anda lebih mungkin diambil oleh algoritma dan oleh
karena itu, meningkatkan peluang Anda untuk mencapai FYP, Sama seperti tagar
Instagram, tagar tiktok mengkategorikan konten Anda dan meningkatkan kemampuan
Anda untuk ditemukan.
Bidik kualitas, bukan
kuantitas pilih 3-6 tagar trending yang relevan dengan konten Anda.
Anda dapat menggunakan #ForYou, tetapi tidak ada jaminan ini akan berhasil.
Tagar yang relevan dengan konten dan jenis konten Anda memberikan peluang
sukses yang lebih baik dengan pemasaran TikTok Anda dan akan membantu Anda
menarik pengikut yang tepat.
Untuk membantu memilih
tagar, cari kata kunci yang relevan dengan jenis konten Anda dan lihat tagar
apa yang digunakan video paling populer; atau Anda bahkan dapat mengendalikan
penelitian kata kunci dasar dari upaya SEO Anda.
3. Posting konten unik
(dan lebih baik)
TikTok menghargai konten
yang menarik dan berkualitas tinggi. Jika video Anda mendapat
reaksi yang baik, peluangnya untuk berakhir di FYP lebih besar. Tapi bagaiman
Anda memastikan konten Anda lebih unggul dari yang lain?
Petama, kualitas video
dan audio Anda harus terbaik. Sebagian besar smartphone menawarkan video HD,
jadi mudah untuk membuat video beresolusi tinggi tanpa anggaran besar.
Ambil inspirasi dari
orang lain tapi jangan tergoda untuk meniru. Pengguna menikmati konten unik,
jadi pastikan ide TikTok Anda menonjol dari yang lain, Kami punya banyak ide
dalam pandian kami untuk ditayangkan di TikTok.
4. Berkolaborasi dengan
influencer
Kolaborasi memperluas jangkauan
Anda, dan jika mitra Anda mucul di FYP, Anda juga akan mendapat manfaat. Anda
dapat berkolaborasi dengan pembuat dalam banyak cara.
Tiktok memiliki tingkat
keterlibatan influencer tertinggi dari platform lainnya. Jadi, Anda dapat
melompati antrean ke FYP dengan mendapatkan keterlibatan instan saat bermitra
dengan influencer TikTok.
![]() |
Sumber gambar |
Untuk memulai, kenali
TikToker dan influencer terbaik untuk kampanye Anda dan jadwalkan awaktu untuk
mengobrol dengan mereka, melalui telepon, email, atau bahkan konferensi
berbasis web.
5. Buat video pendek dan
menarik
TikTok tidak peduli
dengan tingkat penyelesaian. Pada dasarnya, itulah jumblah orang yang menonton
video Anda sampai akhir. Semakin banyak pemirsa yang melakukannya, semakin
besar kemungkinan konten Anda masuk ke Halaman Untuk Anda.
Video bisa berdurasi
hingga satu menit, teapi teorinya adalah membuat video Anda sesingkat mungkin
akan meningkatkan peluang mereka untuk ditonton sampai akhir. Tapi sekali lagi,
kualitas adalah raja. Jika pendek, pastikan tetap menyenangkan, menarik, dan
memikat . Tujuan utama Anda adalah meningkatkan peluang mereka untuk menyukai
dan berbagi.
Bereksperimenlah dengan
durasi video yang berbeda untuk menemukan yang paling cocok untuk Anda.
6. Gunakan klip audio
atau efek video yang sedang tren untuk meningkatkan kemampuan untuk mendapatkan
untuk dapat ditemukan
Musik memainkan peran
penting dalam video TikTok-anggap musik dan suara sebagai tagar.
Pengguna dapat mencari
klip audio, suara, dan efek tertentu di aplikasi. Dengan menggunakan klip audio
yang sedang tren di konten video Anda, Anda dapat meningkatkan suka, komentar,
dan penayangan.
Bagaimana anda menemukan
suara populer untuk digunakan dalam video anda?
Ketuk tombol 'Suara' dan
periksa halaman 'Temukan" untuk suara yang sedang tren, suara yang
disarankan untuk video anda, dan lainnya.
Dan anda dapat
menyimpannya sebagai favorit untuk digunakan nanti saat Anda merasa
terinspirasi.
7. Tulis teks pendek dan
menarik
Anda dibatasi hingga 150
karakter, jadi Anda harus fokus menulis teks pendek yang menyertakan
hastag yang relevan dan yang mendorong keterlibatan.
Coba buat teks yang
membangkitkan rasa ingin tahu seperti "Tonton sampai habis! apa yang
kalian kira di awal video tidaklah sama dengan apa yang terjadi ;)" Ini
dapat meningkatkan penayangan dan tingkat penyelesaian. Anda juga dapat
mengajukan pertanyaan untuk memicu minat pemirsa. Atau godaan informasi yang
akan anda ungkapkan.
8. Lakukan interaksi
dengan pengguna TikTok lain
Sangat disarankan untuk
melakukan interaksi dengan beberapa pengguna TikTok lainnya. Kamu bisa
memulaianya dengan memberikan komentar pada beberapa video orang lain yang
masuk dalam halaman FYP.
Dengan melakukan cara ini,
nantinya akan tercipta sebuah interaksi. Bahkan, melalui cara ini pula bukan
tidak mungkin akan ada banyak pengguna TikTok lain yang berkenan untuk
memberikan like pada komentarmu dan bahkan menjadi follower baru kamu.
9. Follow akun-akun
centang
Cara ini mungkin bisa
dibilang paling mudah dilakukan, namun juga tidak mudah. Bagaimana maksudnya?
Jadi dengan mengikuti kesembilan cara sebelumnya, maka diharapkan akun TikTok
kamu sudah memiliki konten kreatif dan bekualitas.
Dengan modal
konten-konten tersebut, ada kemungkinan ketika kamu mengikuti akun centang
(verified), maka kamu akan difolloe juga oleh pemilik akun tersebut. Bukan
tidak mungkin ini akan membuat akun TikTok kamu jadi populer dan video kamu
jadi mudah FYP.
10. Ikuti tren dan
challenge
Dan cara yang terakhir
untuk masuk FYP di TikTok juga bisa dilakukan dengan mengikuti isu yang sedang
tren saat ini. Hampir setiap hari pasti ada saja tantangan unik atau challenge
TikTok yang dibuat oleh para penggunanya.
Ketika tantangan
tersebut menjadi viral, kini saatnya kamu mencoba versi kamu sendiridan
menguploadnya pada akun TikTok. Dengan mengikuti tren serta tantangan kekinian,
kamu bisa menignkatkan traffic sekaligus follower.
11. Manfaatkan fitur
TikTok Pro
Meski tidak wajib untuk
selalu digunakan, fitur aplikasi pro bisa membantu sebagai cara FYP di TikTok.
Dengan mengaktifkan fasilitas ini. kamu diberikan kesempatan untuk menilik
statistik konten milikmu. Misalnya, konten hari ini mendapat sekian
banyak view, meningkat sekian banyak dari konten sebelumnya.
Adanya statistik ini
membantumu mengevaluasi semua konten yang sudah kamu buat. Selanjutnya, kamu
tinggal menyesuaikan kembali mana akun yang cuco untuk dibuat
kembali, mana yang kurang diminati atau berpotensi menjadi FYP.
Tetapkan pandangan Anda
pada TikTok For You Page
Tidak ada formula pasti
untuk mendaratkan konten Anda di TikTok FYP, dan algoritma terus berubah. Tapi
tren pemasaran media sosial menunjukan bahwa TikTok menjadi pemain utama, jadi
Anda harus siap memaksimalkan potensinya.
Hal yang hebat adalah
Anda tidak perlu banyak pengikut untuk masuk FYP. Dan jika Anda mencoba delapan
peretasan ini, Anda akan meningkatkan peluang mengamankan tempat Anda secara
signifikan.
1. Posting secara
konsisten pada waktu yang paling optimal
2. Gunakan tagar yang
sedang tren
3. Posting konten unik
(dan lebih baik)
4. Buat video pendek dan
menarik
5. Berkolaborasi dengan
influencer
6. Gunakan klip audio
atau efek video yang sedang tren
7. Tulis teks pendek dan
menarik
8. Gunakan pengait untuk
menarik penonton anda
Sudah Siap FYP di TikTok?
Itulah beberapa cara
jadi FYP di TikTok yang bisa dilakukan ketika kamu ingin video yang telah kamu
buat bisa jadi video rekomendasi bagi orang lain.
Semoga tutorial cara
masuk FYP di TikTok ini bisa bermanfaat, ya. Kalu video kamu masuk halaman FYP,
maka secara tidak langsung hal ini juga akan bisa meningkatkan popularitasmu.
Selamat mencoba!